Rabu, 01 Mei 2013


Preview ASUS Fonepad: Tablet Android 3G Murah dengan Intel Atom

Tablet Android dengan harga murah memang sudah banyak tersedia di Indonesia. Akan tetapi, yang menggunakan OS Android Jelly Bean, 3G/HSDPA, beresolusi HD, dan prosesor Intel? Pilihannya nanti adalah ASUS Fonepad ini.
Dalam sebuah perjalanan ke negara tetangga, team JagatReview berkesempatan untuk menyunting sebuah tablet-phone yang menarik: ASUS FonePad. Tablet ini nantinya akan tersedia juga di Indonesia, tapi sudah terlebih dahulu diluncurkan di Malaysia dan Singapura.

ASUS FonePad: Tablet yang Bisa Menelepon

Bedakan antara FonePad dan PadFone. PadFone adalah perangkat Android yang berupa smartphone yang dilengkapi dengan enclosure berupa tablet. Sementara FonePad adalah tablet 7” yang bisa digunakan untuk menelepon.

Spesifikasi: Tablet Intel dengan OS Android

ASUS Fonepad memiliki spesifikasi yang cukup standar namun menarik:
  • Prosesor: Intel Atom Z2420 1.2GHz
  • RAM: 1GB
  • Storage: 8GB (tersedia slot MicroSD)
  • Layar: 1280×800
  • Kamera: 3MP dan 1.3MP
  • Konektivitas: WiFi, Bluetooth, 3G/HSDPA, Telephony
Jadi, jelas bahwa tablet 7 inci ini bisa digunakan untuk menelepon. Bentuknya bahkan seperti smartphone besar!

Paket Penjualan dan Kelengkapan

ASUS Fonepad yang kami beli memiliki perlengkapan yang tergolong sederhana. Dalam paket penjualan hanya ada device itu sendiri, charger USB, kabel USB, dan buku panduan saja. Mengingat harganya, tampaknya perlengkapan ini cukup wajar. Kami hanya berharap paket penjualan di Indonesia nantinya menyediakan perangkat handsfree di dalamnya. 
FonePad ini sendiri juga cukup sederhana. Di sisi depan akan tampak layar (1280×800), speaker, dan kamera untuk video call. Di bagian belakang tampak kamera 3 megapiksel di bagian atas dan sebuah speaker di bagian bawah. Di sisi kiri, ada tombol power dan volume. Sementara di sisi bawah ada lubang stereo jack standar dan USB port untuk charging dan transfer data.

Benchmark Sementara


Penasaran dengan kemampuan tablet ini, kami menjalankan 2 benchmark sintetis yang cukup populer sebelum membawanya pulang ke Indonesia: Antutu dan 3DMark Ice Storm.
Antutu memberikan hasil yang sangat bervariasi setiap kali kami menjalankan benchmark. Mungkin ini disebabkan banyaknya apps yg sudah tersedia dan kami instalasikan. Skor terbaik yang kami peroleh adalah 8313. Cukup tinggi untuk perangkat single core, bukan?
Menjalankan 3DMark Ice Storm, kami memperoleh skor yang normal untuk perangkat Android dengan prosesor Intel Atom Z2420, yaitu 2234.

Ketersediaan di Indonesia: Segera

ASUS FonePad rencananya akan segera tersedia di pasaran Indonesia pada bulan Mei 2013 nanti. Mengenai harganya, beberapa toko online sudah mencantumkan kisaran 2.7/2.8 juta rupiah untuk versi 8GB dan 3-3.1 juta rupiah untuk versi 32GB.

0 komentar:

Posting Komentar